logo blog

Cara Menutup Paksa Sebuah Program (Windows)

Cara Menutup Paksa Sebuah Program (Windows)

Metode 1 dari 4: Menutup Jendela yang Aktif

  1. 1
    Gunakan cara pintas Force Close. Tekan  Alt+F4 untuk mencoba menutup paksa jendela yang aktif. Biasanya Anda tidak akan ditanya untuk mengonfirmasi tindakan ini
  2. 2
    Hentikan sebuah program dari Command Prompt. Jika Anda mengetahui nama berkas program itu, dengan cepat Anda dapat menutupnya secara paksa melalui Command Prompt. Buka Command Prompt dan ketik taskkill /imfilename.exe
    • Anda dapat membuka Command Prompt dengan menekan  Win+R dan mengetikkancmd

Metode 2 dari 4: Menggunakan Task Manager

  1. Force a Program to Close (Windows) Step 1 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    1
    Buka Task Manager. Tekan ^ Ctrl+ Shift+ Esc atau ketikkan task manager ke dalam Windows Search. Ini adalah alat bawaan Windows yang bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja Anda dan menutup paksa semua program yang tidak lagi merespon.
  2. Force a Program to Close (Windows) Step 3 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    2
    Cari program yang ingin Anda tutup. Pada tab Applications, program Anda yang sedang berjalan akan masuk dalam daftar. Program yang sedang berjalan akan menunjukkan "Running" di bar Status, sedangkan program yang macet akan menampilkan "Not Responding".
    • Pada Windows 8, tampilan bawaan Task Manager akan menunjukkankan aplikasi yang sedang berjalan di bagian "Apps" dan proses di bagian "Processes" pada tab Processes. Program yang macet akan menampilkan "Not Running".
  3. Force a Program to Close (Windows) Step 4 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    3
    Akhiri program yang dipilih. Pilih programnya dan klik End task. Windows akan menampilkan pesan peringatan bahwa data yang belum disimpan akan hilang. Klik OK untuk menutup paksa programnya.
  4. Force a Program to Close (Windows) Step 5 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    4
    Buka tampilan Processes untuk menutup program-program yang bandel.Jika Anda mengalami kesulitan untuk menutup program di tab Applications, Anda dapat membuka tab Processes untuk menutup paksa program itu di tingkat sistem operasi, yang lebih mungkin berhasil.
    • Pada Windows 8, klik tombol "More details" di bagian bawah Task Manager untuk membuka daftar Processes.
  5. Force a Program to Close (Windows) Step 6 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    5
    Carilah program yang ingin Anda tutup dengan paksa. Pada tab Processes, program didaftar berdasarkan nama berkasnya, yang bisa sedikit menyulitkan Anda untuk mencari program yang ingin Anda tutup. Anda akan melihat lebih banyak pilihan daripada tab Applications, karena daftar ini mencakup semua proses latar belakang yang berjalan di komputer Anda.
    • Menutup proses yang salah bisa menutup program penting seperti antivirus atau Windows Explorer. Jika Anda tanpa sengaja menutup program yang salah, Anda dapat me-restart komputer Anda untuk mengembalikan fungsinya secara penuh.
  6. Force a Program to Close (Windows) Step 7 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    6
    Paksa prosesnya untuk menutup. Pilih proses yang ingin Anda akhiri dan klikEnd Process. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda memang ingin menghentikan paksa proses tersebut. Programnya akan ditutup dengan segera
  1. Force a Program to Close (Windows) Step 8 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    1
    Unduh alternatif pengganti Task Manager. Ada beberapa program yang memberi Anda kontrol yang lebih besar daripada Task Manager standar dalam hal manajemen tugas. Ini bisa sangat berguna untuk program-program yang tidak bisa ditutup, atau yang menyebabkan masalah serius pada komputer Anda. Dua program yang paling populer diantaranya Process Hacker dan Process Explorer, yang berasal dari Microsoft.
    • Program-program ini bisa didapatkan dengan gratis. Process Hacker adalah sebuah program open-source.
    • Program ini dirancang untuk penggunaan tingkat lanjut, dan memberi banyak informasi tentang proses yang sedang berjalan.
  2. Force a Program to Close (Windows) Step 9 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    2
    Carilah proses yang ingin Anda tutup. Seperti tab Processes di Task Manager, program itu akan didaftar berdasarkan nama berkas mereka. Gunakan ikon dan nama berkasnya untuk membantu Anda menemukan program yang ingin Anda tutup.
    • Beberapa program menampilkan prosesnya dalam diagram pohon, sedangkan yang lain ditampilkan dalam bentuk daftar.
  3. Force a Program to Close (Windows) Step 10.jpg
    - Menonton Video Pendek
    3
    Klik kanan prosesnya. Pilih "Terminate", "Kill", atau "End task" untuk menutup paksa proses tersebut. Kata-katanya bervariasi tergantung pada program yang Anda gunakan. Beberapa program task manager bisa memberi peringatan ketika Anda mencoba untuk menutup sebuah program, sedangkan yang lain menutup program yang Anda inginkan dengan segera.

Bagikan Artikel ini:

Copyright © 2015. Tips dan Trik - All Rights Reserved
Template by: Shofia Dewi