logo blog

9 Elemen Pendukung SEO

9 Elemen Pendukung SEO


9 Elemen Pendukung SEO

9 Elemen Pendukung SEO
Posted by on 14 Jan 2014 in SEO | 1 comment
Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal dan belajar apa itu SEO. Dengan belajar SEO, pemilik situs web mampu mengetahui teknik untuk menjadikan situs web-nya menjadi yang teratas di search result page. Dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa elemen dasar pendukung SEO yang harus diketahui oleh semua yang berkecimpung di bisnis online.
Ada beberapa elemen dasar pendukung SEO yang harus diketahui pengguna, yaitu: Keterkaitan Nama Domain,  Title/Judul, Meta Description, Keterkaitan Isi/Konten, Sitemap, Natural Listing dan Backlink.
google-serp-website-elegan
Tampilan halaman hasil pencarian (search result page) di google, yang menampilkan title, permalink dan description.

1. Keterkaitan Nama Domain

Cara kerja search engine pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah situs web. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi dari materi sebuah situs web.

2. Title Tag (Judul)

Penggunaan dan penempatan sebuah title atau judul akan membantu sebuah website untuk dapat bertanding di urutan atas search engine. Untuk itu, usahakan judul situs web atau judul artikel mempunyai korelasi antara keyword dan deskripsi dari isi materi sebuah situs web.

3. Struktur Permalink URL

Struktur Permanent Link atau permalink dari URL sebuah situs web juga mempunyai peranan penting pada SEO. Permalink termasuk salah satu elemen yang ditampilkan pada search result page setelah judul. Selain membuat SEO friendly, permalink yang mudah dimengerti dan juga menjelaskan apa isi konten dapat membuat pemilik situs web lebih mudah dalam pengaturan dan juga lebih mudah diingat oleh pengguna search engine. Untuk itu, hindari penggunaan permalink yang berisikan nomor dan kode yang tidak jelas.

4. Meta Tag Description

Metadata mencakup semua informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk situs web. Untuk memasukkan metadata ke dalam situs web, Anda bisa menggunakan meta tag. Metadata yang berguna untuk mendukung SEO adalah meta description dan meta keyword.
Meta description harus diletakkan di sebuah website agar search engine mampu menemukan website Anda. Meta description yang tepat akan membawa website Anda ke urutan atas search engine. Selain itu isi pada meta description akan ditampilkan pada hasil pencarian search engine. Oleh karenanya jumlah karakter pada meta description sebaiknya tidak perlu lebih dari 160 karakter. Karena pada umumnya hasil pencarian search engine hanya mempu menampilkan tidak lebih dari 160 karakter saja.

5. Meta Tag Keyword

Walaupun meta keyword tidak lagi banyak dipergunakan search engine besar seperti google dalam algoritma proses pencarian, namun rasanya tetap bijak bila kita tetap memasukkan meta keyword sebagai elemen dasar pendukung SEO dan menggunakannya.

6. Keterkaitan Isi/Konten

Dalam konten sebuah situs web kita bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi posting setiap artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, search engine akan semakin bersahabat dengan situs web kita, dan mampu membawa ke urutan pertama di hasil pencarian search engine. Jadi usahakan untuk selalu konsisten dengan apa yang kita tulis dalam artikel dengan seluruh korelasi keyword, title dan meta deskripsi dari situs web.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar keyword pada isi/konten dapat mudah ditemukan oleh search engine. Sebelumnya keyword dapat dimasukkan pada meta keyword, namun belakangan beberapa search engine hanya menggunakan beberapa format text seperti headline, strong dan italic text yang merujuk keyword dalam isi/konten.

7. Sitemap

Sitemap bisa diumpamakan sebagai sebuah peta dari seluruh isi situs web kita. Umumnya sitemap menampilkan struktur seluruh halaman di situs web Anda yang ditampilkan secara berurutan. Dengan sitemap, pengguna situs web dimudahkan dalam mencari halaman yang diinginkannya, begitu pula dengan search engine.  Namun untuk memaksimalkan search engine dalam menelusuri seluruh halaman yang ada, pertimbangkanlah juga menggunakan XML Sitemap yang dapat dikirim ke google Webmaster Tool.

8. Natural Listing

Yaitu salah satu elemen lain untuk optimasi SEO dengan cara mendaftarkan ke situs web directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan ke beberapa search engine yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan sering dipakai oleh pengguna internet, misalnya:

9. Backlink

Backlink atau link balik, adalah link masuk yang merujuk ke situs web atau suatu halaman situs web dari suatu situs web lainnya. Backlink dianggap sangat penting oleh search engine, semakin banyak jumlah backlink yang merujuk ke situs web milik kita adalah indikasi tingginya tingkat popularitas dan pentingnya situs web menurut search engine. Yang perlu diingat, backlink dari sebuah situs web dengan tingkat popularitas tinggi akan dinilai puluhan kali lebih tinggi dibanding situs web pemula.

Akhirul Kata


Setelah mengetahui elemen dasar pendukung SEO tersebut diatas, kami harapkan Anda telah mengetahui elemen apa saja yang bisa dioptimisasi agar mendapat hasil yang terbaik. Website Elegan sebagai penyedia jasa pembuatan dan perancangan situs web atau web desain, menjamin situs web desain kami SEO friendly, dan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dalam menerapkan teknik SEO agar situs web dapat mudah dikenali dan diketemukan oleh search engine. Kami tidak menjamin situs web Anda menjadi yang teratas, namun selama Anda menerapkan teknik SEO yang telah disediakan, kesempatan itu terbuka lebar.
Untuk belajar SEO lebih lanjut, telusuri blog kami, karena kami menyediakan artikel berseri tentang SEO. Lebih baik lagi bila Anda berlangganan Newsletter dari kami agar Anda dapat segera mengetahui bila ada tambahan artikel terbaru dari kami.

Bagikan Artikel ini:

Copyright © 2015. Tips dan Trik - All Rights Reserved
Template by: Shofia Dewi